Game Online yang Diblokir Kominfo pada 30 Juli 2022 Kemarin

Game online yang diblokir Kominfo pada 30 Juli 2022 lalu bukan tanpa alasan. Mereka terblokir karena tidak mendaftarkan diri ke PSE di Indonesia.

Memang per tanggal 30 Juli 2022 Kominfo menetapkan peraturan baru. Baik situs ataupun game yang masuk ke Indonesia harus mematuhi pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik atau PES Lingkup Privat.

Sesuai dengan hal itu, kini ada beberapa game online yang sudah terblokir di Indonesia.

Baca juga: Escape Game Online Free Terbaik untuk Mengasah Ketelitian, Ini Dia!

Inilah 4 Daftar Game Online yang Diblokir Kominfo!

Kominfo membuat peraturan terbaru yang mewajibkan semua situs yang akan masuk ke Indonesia mendaftar ke PES. Hal itu sebenarnya sudah mereka sampaikan sejak beberapa waktu lalu.

Namun, baru pada 30 Juli 2022 kemarin peraturan tersebut benar-benar berjalan. Hal itu membuat beberapa situs yang ada di Indonesia terblokir, termasuk dengan game online.

Ada beberapa game online yang tidak dapat pengguna akses. Parahnya lagi, game-game tersebut cukup terkenal dengan banyak pemain di Indonesia.

Berikut ini beberapa game online yang terblokir karena kebijakan baru pemerintah.

Steam

Dalam daftar pertama ada Steam yang merupakan platform penyedia berbagai macam game original untuk PC maupun laptop.

Aplikasi Steam ini membuat kamu dapat mengunduh dan menginstall berbagai game favorit. Mulai dari game gratis hingga berbayar ada di dalam Steam.

Sayangnya, kini para gamers Indonesia tidak dapat mengakses Steam kembali karena terblokir akibat kebijakan terbaru.

Baca Juga: Game Online PC Tanpa Download yang Menarik dan Mudah dimainkan

Dota 2

Kebanyakan gamers pasti mengetahui game satu ini. Dota 2 merupakan salah satu game arena pertarungan daring multiplayer yang sangat terkenal.

Bahkan, game ini juga menjadi langganan Esport. Berbagai macam turnamen dengan memainkan Dota 2 sudah terlaksana, bahkan hingga skala internasional.

Game buatan Valve Corporation ini juga sukses di Indonesia. Sayangnya kini Dota 2 menjadi salah satu game online yang diblokir Kominfo.

Counter-Strike

Di daftar ketiga ada game bertajuk Counter-Strike. Game ini merupakan permainan video menembak dengan sudut pandang orang pertama multiplayer.

Jalan cerita dalam Counter-Strike mengisahkan tim teroris yang bertempur untuk melakukan aksi teror, sedangkan tim kontra-teroris mencoba mencegahnya.

Counter-Strike tersedia untuk platform PC hingga konsol game dan cukup populer. Kini Counter-Strike harus terblokir di Indonesia.

Baca Juga: Game Online Memasak yang Santai untuk Mengisi Waktu Luangmu!

EpicGames

Kalau selanjutnya ini merupakan pengembang perangkat lunak yang sudah memiliki banyak game terkenal. EpicGames memiliki kantor yang berpusat di Amerika, tepatnya Cary, North Carolina.

Perusahaan pengembang game satu ini berhasil mengembangkan beberapa game populer seperti Fortnite, Fall Guys, Batlle Breaker, dan juga Fortnite Battle Royale.

Karena mereka belum mendaftar PES, maka EpicGames harus terblokir di Indonesia. Hal itu tentunya membuat game di dalamnya juga tidak bisa terakses.

Kini memang game online yang diblokir Kominfo tidak dapat kamu akses. Namun, ada kemungkinan kamu bisa mengaksesnya kembali di masa depan setelah mereka mendaftar PES. (R10/HR-Online)